21 Juli 2011

Bolu Gulung Ekonomis

Ya....Bolung eh Bolu Gulung ini ketinggalan diposting ya.....padahal dah jadul bangetsss a few month ago lah bikinnya
Suka banget sama teksturnya yang halus, empuk pula....
Resepnya hasil blogwalking ke dapurnya bunda nadhifa
berikut resepnya:

Bolu Gulung Ekonomis ala Ordinary Kitchen
by Ricke Indriani

Bahan:
6 butir telur utuh
90 gr gula pasir halus
1 sdm cake emulsifier
70 gr terigu protein sedang
10 gram maizena
10 gram susu bubuk
1 sdt vanilla essence
125 gram mentega, lelehkan dan dinginkan

Loyang:
1 buah 30x30x4 cm atau
2 buah 22x22x4 cm

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/minyak loyang, alasi dengan kertas roti/baking paper. Oles lagi dengan margarin/minyak loyang. Sisihkan.
  2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk dan campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (cek kekentalan dg mengangkat mixer, adonan akan jatuh perlahan, tidak encer).
  3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet hingga merata dan homogen.
  4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan 200'C (api besar) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh.
  5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.
Di resepnya bunda Nadhifa, beliau pake isian buttercream n keju tapi kali ini isian bolu gulungku adalah Selai Nanas, so terserah mau pake isia apa, pisang cokelat juga bisa, selai kaya juga bisa, selai strawberry apa lagi, pokoknya apa aja deh he..he...he...

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template