5 Desember 2008

Chocolate Cupcake


NCC ngeluarin buku baru, buku tentang cookies hias & cupcake, rencana emang pengen beli bareng teman - teman yang punya hobi sama (baking), biar ngirit ongkos kirim gitu lho.....

eh ternyata dapat surprise dari ina larizz (http://larizz.blogspot.com) selain ngirimin aku edible eh jeng ina juga ngirimin dua buku terbaru dari NCC ini, makasih ok na, dak nyangka dapat kiriman segini banyak he..he....

kalo dulu udah sempat nyobain kukis hiasnya nah sekarang baru punya kesempatan nyobain cupcake-nya secara udah pernah bikin cupcake vanila, kali ini pengen nyoba bikin chocolate cupcake.

tadinya sih cuma pengen bikin swirl aja trus dihiasi pake bunga fondant (sayang ga punya cetakan khusus fondant). Bolak - balik tuh buku aku tertarik ma cupcake dengan topper panda & singa jadi deh aku buat panda n singa. Karena fondantnya tinggal dikit jadi cuma bikin panda 5 tapi yang 1 ketumpahan pewarna hitam (jadinya panda sapi alias panda belang - belang hitam putih) trus yang singanya cuma bikin satu, ya ampun ternyata masang surai tu singa ribet banget yak, sampe dibantu pake tusuk gigi segala biar rapi (meski akhirnya ga rapi juga wakakak.....)

lumayan butuh waktu lama juga tuk bikin topper yang cuma 6 biji tu, puuuhhhh akhirnya selesai juga, pas selesai pas Rafi (my eldest son) bangun. eiiitt dia jalan ke arah cupcake, kita tunggu komentar jagoanku yang baru berumur 2,5 tahun ini.




eng ing eng dia bakalan ngomong apa ya......

"Eeee lucu ya bunda, ada pandanya"

Alhamdulillah kalo Rafi ngerti ni panda berarti aku sukses bikin panda, tapi kalo ternyata dia bilang itu Sapi (secara warnanya kan hitam putih) Gubbraaakkkkk ga bakalan aku bikin panda lagi ha...ha..ah....

Komen satu lagi datang dari Mas Hani, katanya, "Mei, kok pandanya melotot sih?", aku jawab aja ini spesies panda yang matanya belo' (emang ada.........)

trus aku bagi - bagiin deh ke tetangga sekaligus pamer (iihhh riya') sekaligus promosi (tujuan utamanya emang ini sih).

kemarin ada tetangga yang bilang kalo cake nya enak......

Thanks....kutunggu pesanannya.........

sebenarnya cupcake ini kubikin seminggu yang lalu tapi ga sempat mosting jadi baru keposting sekarang:-).

Bagi yang mau resepnya ini nih:


Chocolate Cupcake

Bahan1:

12 butir telur

450 g gula pasir

1/4 sdt garam

20 g cake emulsifier (aku pake SP)

1/2 sdt ekstrak vanila


Bahan 2:

300 g terigu

75 g cokelat bubuk

1 sdt baking powder


Bahan 3: (Cairkan bersama)

300 g mentega (aku pake margarin)

200 g DCC

1 sdm pasta cokelat (aku ga pake)


Cara:


  1. Panaskan oven hingga 180 derajat C, siapkan loyang cupcake dan alas kertasnya.

  2. campur dan kocok bahan 1 hingga mengembang dan kental

  3. Masukkan bahan 2 sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan 3 lalu aduk perlahan dengna spatula hingga tercampur rata.

  4. Tuang ke dalam loyang cupcake beralas kertas (papercup) 2/3 penuh. Panggang atau kukus (kemarin ku panggang) kurleb 15 - 20 menit atau hingga cupcake matang. angkat. dinginkan

  5. Cupcake siap dihias.

Kemarin aku bikin 1/3 resep jadinya sekitar 18 buah

1 komentar:

A. Ann on 14 Desember 2008 pukul 19.13 mengatakan...

Meitri, salam kenal juga yaa..maap baru bales. Duh cakep2 cookies disini..cakep2 bgt Meit..

Posting Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template