9 Maret 2013

Blueberry Mousse Cake

Kok sekarang saya jadi canggung ya kalo mau nulis blog ini dengan menggunakan kata saya, mungkin karena kalo di rumah saya terbiasa membahasakan diri dengan kata bunda kepada anak - anak dan ponakan yang berkunjung ke rumah.

Boleh kan kalo saya ganti bunda aja untuk postingan berikut - berikutnya? tidak keberatan kan?
oke lah kalo gitu.
Untuk postingan kali ini bunda mau curhat soal blueberry mousse cake, blueberry ini jadi selai favorit anak - anak di rumah. Antara strawberry dan blueberry mereka lebih suka yang blueberry. Meskipun ada info yang bunda dapat kalo sebenarnya selai blueberry itu sendiri adalah selai strawberry yang dikasih pewarna makanan ungu, ini dikarenakan di Indonesia blueberry itu jarang ada, kalopun ada hasil imporlah......

Ada sih merk - merk tertentu dari selai impor yang murni menggunakan blueberry asli tapi harap maklum juga harganya yang lumayan dibandingkan dengan selai lokal. selai - selai blueberry asli ini bisa di beli di beberapa supermarket besar yang mulai menjamur di kota - kota besar di Indonesia.

Back to Blueberry Mousse Cake yang aku bikin, bikinnya sebenarnya udah taun kemarin, tepatnya kapan dah sampe lupa he..he..he.. tapi karena pengen berbagi siapa tau bisa menginspirasi temen - temen yang lain, jadi aku munculin postingan si blueberry Mousse disini.

Sebetulnya bikin mousse cake ini adalah untuk memanfaatkan sisa Cake dari BDCK pesenan orang, karena cakenya ketinggian jadi di trim deh, nah drpd dibuang begitu saja si Cake sisa di make over menjadi Blueberry Mousse Cake ini.

Untuk cake cokelatnya seperti biasa bunda pake resepnya Sponge Cakenya Pak Sahak dan untuk moussenya murni hasil ngarang - ngarang. Kalo berkenan dengan karangan bunda silakan di coba lah resep di bawah ini

Blueberry Mousse Cake ala Bunda Meti

Bahan:

100 ml susu UHT plain
30 gr White cooking Cokelat 
50 gram selai blueberry
150 gr Whip Krim (dari Whip bubuk + air es, untuk rasa yang lebih sedap air es bisa diganti dengan susu cair dingin)
1 sdt gelatin halal (udah bnyk yang jual kok di tbk) - di tim


Cara pembuatannya sama dengan pembuatan mousse pada umumnya, panaskan susu sampai hangat, masukkan white cooking cokelat yang dipotong kecil2, kemudian campurkan dengan whipkrim bubuk kocok dan selai blueberry dan gelatin yang sudah di tim, kocok rata sampai halus.

Siapkan cetakan bongkar pasang bentuk bulat ukurannya menyesuaikan dengan ukuran cake, jika tidak ada bisa diganti dengan mika yang dibentuk bulat.
Letakkan cake di dasar loyang atau Mika Bulat percikkan dengan symple sirup, kemudian tuangkan adonan mousse ke atas cake, ratakan. Simpan di kulkas semalaman agar mousse set.


Blueberry mouss cake siap dinikmati...........

0 komentar:

Posting Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template