16 Maret 2013

Egg Tart atau Pie Susu


Egg Tart atau kue lontar atau pie susu, setau bunda adalah oleh - oleh khas pulau Bali selain kacang Bali, Salak Bali, brem Bali, dan kaos Joger.

Egg Tart ini berbahan dasar susu dan telor yang diisikan ke dalam kulit pie yang renyah, perpaduan antar asin, manis dan gurih, sungguh nikmat apalagi disajikan dalam keadaan dingin.

Buat bunda yang tidak suka susu pun, pie ini mempunyai kelebihan tersendiri, susunya tidak terlalu terasa mungkin akibat penggunaan susu kental manis yang dicampur air cari lemak susu dan aronya tidak terlalu menusuk hidung yang kemudian berakhir dengan penolakan di tenggorokan.

btw ini entah tulisan yang keberapa mengenai egg tart ini, soalnya entah kenapa setiap kali selesai ditulis eh gak bisa keposting, gak bisa ke edit, yang gak mau di enter lah, sampe - sampe artikel ini udah dihapus dan ditulis kembbali sebanyak 4 kali *ngelap keringet*

 

Resp Egg Tart yang bunda buat adalah hasil mengutip dari blognya mba ricke.
berikut resep egg tartya bunda salin kembali disini

Egg Tart
by Ricke Indriani

Bahan kulit:
300 gr margarine/butter
2 sdm munjung gula halus
3 btr kuning telur
500 gr terigu protein sedang
Cara Membuat: Campur semua bahan dengan menggunakan pisau pastry atau sendok kayu, campur rata sampai adonan berbutir – butir. Padatkan dan bulatkan hingga adonan dapat dipulung. Cetak ke dalam cetakan pie yang sudah di olesi dengan minyak atau mentega sisihkan.

Bahan Filling:
300 ml susu kental manis putih (kurleb 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gr tepung custard
1 – 2 sdt vanilla susu
Cara membuat:
Aduk susu dengan air, kemudian tambahkan telur, aduk rata, kemudian tambahkan tepung custard dan vanilla susu aduk rata. Saring.
Tuang filling ke kulit pie, panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama 45 menit hingga filling set dan menguning, keluarkan dari oven. Diamkan 10 menit hingga pie hangat kemudian keluarkan dari Loyang. Simpan di kulkas untuk hasil yang lebih nikmat.

Tips dari Mba Ricke:
Kulit pie bisa dipanggang terlebih dahulu selama 10 menit
Sebaiknya gunakan suhu rendah agar kulit pie bisa matang sempurna dan filing tidak menggembung dan pecah.
Jika Filing menggembung naik, keluarkan dari oven, turunkan suhu oven dan panggang kembali hingga pie matang.





 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template