15 Maret 2013

Karedok - Jawa Barat


Apa itu Karedok?
Karedok adalah masakan khas Jawa Barat, berupa sayuran yang terdiri dari kol, tauge, kacang panjang, kemangi, dan timun yang dicampur dengan saus kacang.
Di daerah Jateng dan DIY ada masakan serupa karedok, namanya Pecel, hanya saja Pecel menggunakan sayuran yang direbus terlebih dahulu sedangkan Karedok menggunakan sayuran segar.

Sebetulnya bunda jarang sekali bahkan hampir tidak pernah menampilkan hasil masakan bunda di blog ini. pertama karena bunda tidak terampil memasak, memasak hanya sebisanya untuk anggota keluarga. Kedua tema blog ini kan adalah tentang baking.

Namun ada kalanya pengen banget nampilin hasil masakan bunda terutama yang bunda gak bisa sebelumnya, rasanya puass banget kalo hasil masakan bunda tu sesuai dengan harapan bunda saat mulai masak he..he..he....Jadinya pengen berbagi dengan temen - temen semua, kalo bunda yang notabene gak bisa masak ini, bisa, berarti temen - temen yang lain pasti lebih bisa dari bunda semangat........

Resep karedok yang bunda bikin ini, bunda kutip dari blognya mba ine yang sejak lama emang sering bunda ikuti resep - resepnya. Rasa masakannya cocok sama lidah bunda yang bukan asli jawa ini he..he..he..

Buat temen - temen yang pengen nyoba di rumah bisa langsung ngintip ke dapur elkaje.
Atau kalo mau lebih simple silakan membaca resep di bawah ini


Karedok

Bahan:

1 buah mentimun, potong kecil - kecil --> bunda kupas kulit dan buang bijinya kemudian potong - potong
2 genggam tauge --> biasanya tauge pendek, tapi bunda pake yang agak panjang dan dibuang akarnya
4 lembar kol, buang tulang daun dan iris halus --> cuci bersih per lembarnya
6 unting kacang panjang, potong kecil 1 cm an
1 genggam daun kemangi tanpa batang --> cuci extra bersih ya
terong bulat untuk lalapan --> di resep asli mba ine, beliau pake ini, tapi bunda nggak.

Bumbu Kacang:
2 buah cabai rawit merah --> jika suka pedas silakan di tambah ya
1 sdt garam
1 sdt terasi matang --> bunda pake terasi bangka, wanginya enak plus enak juga berlipat lipat ha..ha..ha..
2 genggam kacang tanah sangrai --> mba ine pake kacang tanah dan kacang mete dgn perbandingan 1:1
4 mata asam jawa, diremdan dengan air matang
2 siung bawang putih
1 ruas besar kencur
2 lbr daun jeruk, buang tulang daun
2 sdm gula merah sisir.

Caranya semua bahan bumbu kacang kecuali air asem, diulek bareng, kemudian dicampur dengan sayuran segar yang sebelumnya sudah dipotong - potong.
Hidangkan dengan kerupuk kanji



Masakan ini cocok untuk yang mau diet hee..he...tapi pastikan dicuci bersih ya, jangan sampai dietnya sukses tapi dapat bonus diare ha..ha..ha...


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template