10 Juni 2012

Rainbow Cake for Rafi's Birthday

My Rafi is 6
Happy b-day sweetheart.....

Untuk Ultah Rafi yang ke-6, Bunda bikin Birthday Cake pake Edible Image bergambar Hotwheel Battle Force 5 kesukaan Rafi.
Yang istimewanya base cakenya itu looh: Rainbow Cake yang lagi ngehit dimana - mana
Sekalian bikin Cake Ultah anak sekalian nyobain bikin Rainbow Cake, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui he..he..he...
Bikinnya Cakenya pake resepnya Tante Martha Stewart, yang pake putih telur itu
Ternyata meski pake putih telur, gak berasa seperti cake putih telur lho...cakenya tetep empuk spt kalo kita bikin cake pake kuning telur.
Pemakaian putih telur disini mungkin dimaksudkan agar warna rainbow (pelangi) yang ditonjolkan di cake ini bisa keluar dengan indahnya

Di resep tante Martha, cream yang dipake adalah Swiss Meringue Buttercream yang dikasih Lemon
tapi karena Bunda gak suka krim, Rafi n Faiz juga makanya buttercream di resep diganti dengan whipkrim kocok yang dicampur dengan sedikit WCC, agak2 white ganache lah tapi gak tll manis.


 Oh ya resep yang dicoba bunda ini yang panggang lho ya, yang kukus ada kok. kapan - kapan mau coba deh yang versi kukusnya, pakenya telur utuh dan dibuat ala sponge cake. Kalo yang martha ini kan kayak bikin buttercake, mentega dikocok sama gula dst dst


ini penampakan awal Rainbow Cake saat di assembling (kayak motor aja di assembling ha..ha...ha...)
ada warna di setiap layer Cake: ungu, biru, hijau, orange, kuning, dan merah. gbr diatas penampakan setelah di olesi dengan krim.


Setelah di cover seluruhnya dengan krim, dikasih edible image, n dikasih garnish chocolate cut out
ini nih hasilnya;


Birthday Cake for Rafi






n ini  dia penampakan setelah dipotong
seksi kan kayak saiaaahhh???? ha...ha..ha....


Buat yang pengen nyoba silakan berkunjung langsung ke web Tante Martha atau bisa juga pake resep yang sudah saya translate sebisa saya dari web nya beliau he..he..he...




RAINBOW CAKE


Bahan:


3 Cups Terigu
4 tsp baking powder
1/2 sdt garam
1 cup mentega tawar, suhu ruang (maksudnya dikeluarkan dr kulkas dan didiamkan sampe mencapai suhu ruang)
2 1/3 cup gula
5 putih telur grade A (putih telur besar), diamkan suhu ruang
2 tsp vanila extract - saya pake vanili bubuk
1 1/2 cup susu - saya pake suhu UHT, suhu ruang juga ya
pewarna makanan: merah, kuning, orange, hijau, biru dan ungu - disarankan pake pewarna jel, biar gak terlalu banyak pemakain pewarnanya


Cara Membuat:


  1. Panaskan oven 180 derajat C, olesi loyang ukuran d. 22 dengan shortening (mentega putih). alasi dengan kertas roti, olesi kembali dengan shortening.
  2. di wadah besar, aduk tepung, baking powder, dan garam. Sisihkan. Di wadah lain kocok dengan mikser, mentega dan gula. Perlahan tambahkan putih telur, kocok rata. Tambahkan vanili, kocok rata.
  3. Tambahkan campuran terigu, bergantian dengan susu. Diawali dengan terigu dan diawali dengan susu. aduk rata.
  4. Bagi menjadi 6 bagian sama banyak. tambahkan masing - masing pewarna, aduk sampai mencapai warna yang diinginkan. Masing- masing bagian dituang ke loyang dan oven selama 15 menit atau sampai matang.
  5. Dinginkan masing - masing layer. Cake siap di olesi dengan Krim.

tip dari saya: gak punya banyak loyang bukan masalah untuk mencoba bikin cake ini, loyang tsb bisa digunakan bergantian tanpa dicuci tlbh dahulu, meskipun akan ada warna lain  pada pinggiran cake, misalnya warna biru dipinggiran hijau atau warna hijau dipinggiran layer orange. Tidak masalah karena bisa ditrim nantinya.
Jika oven anda kecil spt punya saya:-) artinya hanya bisa memanggang 1 loyang sekali pemanggangan. Anda bisa mengerjakan resep ini dalam 2 batch, untuk mencegah kue menjadi bantat karena putih telur yang mulai "turun".
Sebaiknya menggunakan Mentega dalam pembuatan Cake ini, jangan margarin. Akan sangat berbeda rasanya jika anda menggunakan margarin.

So.....silakan mencoba dirumah masing - masing ya....jangan mencoba di rumah saya, bisa tekor saya ha..ha..ha...
tapi kalo malas mau mencoba tapi pengen nyobain rasa Rainbow Cake ini, silakan contact saya untuk dapat penawaran istimewa (jualan mode on) untuk wilayah semarang, ungaran dsk aja ya......

Insya Allah resep berikutnya di blog saya ini adalah kreasi lain dari Chiffon Cake: Hokkaido Chiffon Cupcake with ganache filing.
Cupcake ini banyak dijumpai di blog teman - teman negeri jiran.

So stay tune ya fren.....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template