23 Juni 2012

Bakpao Ubi Ungu

Halo...halo....!!!
posting lagi posting lagi...
lagi rajin he..he..he...
posting apa ya.....Bakpao Ubi
Dapet Ubi Ungu banyak banget dari Kiki yang abis jalan - jalan ke bandungan.
Isiannya ga pake kacang ijo tapi pake meises coklat
enak dimakan anget-anget, empuks...meskipun ga pake telor 
Dapet resep hasil ngintip webnya Sedap 

Silakan di'tonton' bakpao hasil bikinanku, ini 100% diuleni pake tangan lho.....ha..ha..ha...
kalo punya mikser yang heavy duty mungkin hasilnya bisa lebih empuk dari ulenan manual.
 sayangnya aku lupa motoin tampak dalamnya (bakpao yang dibelah dua)

Berikut ya resepnya

BAKPAO UBI UNGU

Bahan-bahan :
250 gram tepung terigu protein rendah - aku pake yang serbaguna aja
100 gram ubi ungu kukus, dihaluskan
1 1/2 sendok teh ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
15 gram susu bubuk
30 gram gula tepung - aku jadiin 50 gram soalnya ubinya gak tll manis
150 ml air es
1/8 sendok teh pewarna ungu - gak pakai
20 gram mentega putih - aku pake margarin biasa, gak nyetok mentega putih
1/2 sendok teh garam
100 gram meises cokelat untuk isi





Cara Membuat :
  1. Campur tepung terigu, ubi, ragi instan, baking powder, susu bubuk, dan gula tepung. Aduk rata.
  2. Tuang air es dan pewarna ungu sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  4. Kempiskan adonan. Timbang 25 gram adonan. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  5. Pipihkan adonan. Beri isi. Bulatkan. Beri alas kertas roti. Diamkan 30 menit.
  6. Kukus 7 menit dengan api sedang. (aku kukus 10 menit)

Untuk 20 buah


Note:
Loyang untuk ngukus bakpao aku olesi margarin, takut lengket soalnya, kalo lengket bentuk bakpao nya jadi jelek dong
bakpao nya gak aku kasih alas kertas roti, tapi aku pake daun pandan yang dipotong2 sebagai alas, hasilnya dapat bakpao ungu yang wangi pandan:)
usahakan kalo ngisi meisesnya jangan tll penuh biar gak bocor trus rembes kemana2, gak cantik kan kalo bakpaonya blang bonteng gak karu karuan he..he..he...

 see u in the next recipe: Kue Lapis Beras

0 komentar:

Posting Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template