20 Juni 2012

Rainbow Cake Kukus


Yaiay.......sekarang aku rajin ngupdate blog *keplok2*
 Dunia perbakingan sedang dilanda virus rainbow fever. Rainbow Cake muncul dimana2 dari yang Cake utuh, Cake Slice, Cupcake, Jar Cake, pokoknya lengkap dah

Adikku yang cantik berulang tahun tanggal 14 juni kemarin - Happy Birthday sis- dan dia minta dibikinin rainbow cake untuk santapan temen2 kantornya.
Setelah awal Juni nyoba bikin Rainbow Cake versi oven n resep asli Amerika, sekarang Rainbow Cake ala Indonesia, Rainbow Cake kukus, resepnya Ani Lizzarni yang aku kutip dari milis NCC.


Katanya kalo pake resep kukus ini, warna rainbownya lebih keluar, jadi pemakaian pewarnanya gak perlu banyak2. Selain itu katanya juga cake ini gak eneg, tapi yang Rainbow Cake Martha Stewart itu juga gak eneg kok (menurutku lho ya), dan meskipun pake putih telur saja, sungguh ga berasa seperti Cake putih telur. Yaaammmiiii lah pokoknya.


Sayangnya warna Rainbow Cake kukus yang ku bikin ini kurang bergairah, seperti rainbow yang tertutup kabut.  Malu - malu gimana gitu warnanya
Terus terang pemakaian pewarna saat bikin renbow cake kukus ini sama jumlahnya dengan renbow cake oven yang udah aku buat lebih sebelumnya.
But why oh why warnanya kok lebih keluar di renbow cake oven ya....*ngelap keringet*
semua foto hasil jepretanku aku upload ya sayang soalnya udah capek2 moto eh didelete lagi ha..ha..ha....


Bai de wei


yang mau nyoba resep bu Ani Lizzarni ini, saya persilahken ya...

berikut saya rewrite resepnya:




Rainbow Cake Kukus


Bahan:
8 butir telur
1 sdm emulsifier
400 gr gula pasir
280 gr terigu
1/2 sdm vanili
300 ml minyak sayur

Olesan:
200 gr buttercream
180 gr keju parut

Cara membuat:
Siapkan 6 buah loyang ukuran 22 x 22 cm (klo gak punya bisa pake 1 atau 2 loyang bergantian - aku). Olesi dengan mentega, alasi kertas roti, olesi lagi dengan mentega.
Kocok telur gula dan emulsifier hingga kental.
Masukkan terigu dan vanili, aduk rata.
Masukkan minyak sayur sedikit demi sedikit. Aduk balik hingga rata.
Bagi 6 bagian sama banyak, masing-masing diberi warna: ungu, biru, hijau, kuning, orange, dan merah.
Kukus masing - masing selama 15 menit, angkat

Penyelesaian:
Letakkan lapisan cake warna ungu sebagai dasar, olesi dengan butter cream yang dicampur dengan keju parut taruh lapisan cake warna biru diatasnya olesi lagi dengan butter cream, begitu seterusnya sampai lapisan cake habis. Polanya: MeJiKuHiBiU (Merah Jingga Kuning Hijau Biru Ungu)

begini nih penampakannya setelah dihias dengan sederhana:-)
ya...baru nyadar aku kalo renbow cake ku kebalik susunannya antar jingga sama kuning he..he..he...



tadi pagi aku bikin Kue Lapis Beras, enak kata temen-temenku, tungguin ya besok - besok aku posting resepnya






1 komentar:

Interior Hotel on 1 Oktober 2012 pukul 00.45 mengatakan...

Baru dengar nih resep, baru yaaah,, kapan tak coba'in... heeee,..

Posting Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template