8 Januari 2009

Speculaas






Wah postingnya borongan nih, soalnya baru sempat nge-upload foto – foto kue – kue yang udah kubikin (padahal bikinnya udah berminggu ampe berbulan yang lalu) tapi baru bisa diposting sekarang.
Sekarang giliran bikin Speculaas resep hasil minta dari Emak.
Dulu waktu masih kecil (SD –an gitu) di dekat rumah ada keluarga Chineese yang pasti bikin nih cookies kalo mereka Konnyan (Hari Raya Imlek). Nah kalo pergi konnyan ke rumah mereka aku selalu ngantongin nih kue, abis enak sih…….
Trus entah gimana caranya, Emak dapat juga resep speculaas ini dari Ace – ace tetangga rumah.

Nih kalo ada yang pengen nyobain resepnya:

Speculaas

Bahan:
5 gram terigu
250 gram Gula Halus
250 gram Mentega
2 butir kuning telur
100 gram kacang tanah halus (aku ganti dengan kacang mete)
50 gram Gula Merah (kemaren aku pake Palm Sugar)
3 sdm bumbu spekuk
2 sdm SKM
1 sdt Soda Kue

Caranya: Kocok gula halus, gula merah, dan mentega, masukkan SKM kocok rata, masukkan telur satu persatu, kemudian masukkan terigu, bumbu spekuk, Soda kue, aduk rata, masukkan kacang tanah halus aduk rata, Siap dicetak.

Harusnya sih cetakannya pake cetakan kayu (seperti cetakan kue ku) tapi aku gak punya jadi aku pake cetakannya wilton aja he..he..he…

Rasanya enak (kalo menurutku sih….)

2 komentar:

JJ on 9 Desember 2009 pukul 17.09 mengatakan...

mo tny dunx...
terigunya bnrn cm 5 gram?
SKM itu singkatan dari apa yah?
tq

Me on 26 Desember 2009 pukul 00.01 mengatakan...

iya salah tu harusnya 500 gram

Posting Komentar

 

Meitri Learns to Bake Copyright © 2009 photographer Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template